ORANG DENGAN MASALAH KEJIWAAN (OMDK) DI KECAMATAN CIOMAS MENGALAMI KEJANG KARENA KETERLAMBATAN OBAT

Pada antara akhir februari dan awal maret, Dinas sosial dan Dinas kesehatan bekerjasama dalam menangani orang dengan masalah kejiwaan (OMDK) di kecamatan ciomas yang melibatkan TKSK dan beberapa orang relawan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membebaskan OMDK yang mengalami pemasungan sekaligus memberikan pengobatan secara Cuma-Cuma.

Hal ini disambut gembira oleh masyarakat yang memiliki keluarga OMDK, terutama setelah beberapa kali pengobatan mulai terlihat perubahan prilaku yang positif dari para penyandang OMDK tersebut.

Sayangnya kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. Di awal bulan april, beberapa OMDK yang sudah mulai berangsur normal mengalami kejang-kejang. Hal ini disinyalir karena keterlambatan obat dengan jenis Trihexyphenidyl (THP) sehingga menyebabkan 2 OMDK terpaksa di rawat di Puskesmas dan 1 OMDK di larikan ke RSUD Serang.

Triheksifenidil atau THP adalah antikolinergik yang mempunyai efek sentral lebih kuat daripada perifer, sehingga banyak digunakan untuk terapi penyakit parkinson. Senyawa ini bekerja dengan menghambat pelepasan asetil kolin endogen dan eksogen. Efek sentral terhadap susunan saraf pusat akan merangsang pada dosis rendah dan mendepresi pada dosis toksik. THP sendiri dianggap sebagai penyeimbang dari obat-obatan Psikiatris lainnya.

TKSK Ciomas, Ajiji, melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Sosial. yang segera di tanggapi Kadis Sosial Kab Serang dengan mengkoordinasikan kejadian tersebut ke Dinas Kesehatan Kab. Serang.

Pos ini dipublikasikan di kesehatan, sosial dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s