PENANGANAN SALAH SATU DAMPAK PERMASALAHAN KELUARGA PADA ANAK

Juni 2013
Disadari atau tidak, anak sering menjadi korban dalam permasalahan keluarga. Kericuhan-kericuhan yang terjadi dalam satu keluarga dapat menimbulkan dampak fisik maupun psikis terhadap anak. Sering terjadi anak menjadi korban kekerasan dalam percekcokan yang terjadi dalam satu rumah tangga, dan tidak sedikit pula anak yang menderita secara psikis atau kejiwaan melihat pertengkaran-pertengkaran atau bahkan perceraian yang terjadi pada kedua orangtuanya. Seperti itulah yang di alami Egi,18 tahun anak dari pasangan Edi dan Nurlela di Kampung Cipatat Desa Kadubeureum Kecamatan Pabuaran.
Egi merasa tertekan melihat perceraian orangtuanya, sehingga dia menjadi pemurung dan lebih banyak diam. Banyak permasalahan yang dia pendam, keinginan untuk sekolah, ingin melihat keluarganya rukun, di tambah melihat perceraian yang juga terjadi pada kakak kandungnya, membuat Egi semakin terguncang jiwanya dan mengakibatkan Egi menderita gangguan mental.
Kondisi kejiwaan Egi yang terganggu mengakibatkan prilaku yang meresahkan, sering mengamuk, dan membuat tetangganya resah membuat keluarganya memutuskan untuk memasung Egi.
Setelah beberapa hari Egi di pasung, Bapak Wawan yang pada saat itu menjadi staff di Bappeda yang di beritahu tentang kejadian tersebut berkenan mengunjungi keluarga Egi dan melihat kondisi Egi didampingi oleh TKSK Pabuaran dan TKSK Padarincang.
Tanpa membuang waktu, semua persyaratan yang dibutuhkan untuk penanganan kejadian tersebut segera dilengkapi sehingga Egi dapat di rujuk ke RSUD Serang untuk mendapatkan Pertolongan medis dan Psikolog.
Alhamdulillah karena tertangani secepat mungkin, dalam dua minggu Egi dapat disembuhkan dari gangguan jiwa tersebut.

Pos ini dipublikasikan di anak, sosial dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s