ANAK DENGAN DISABILITAS KABUPATEN SERANG MASIH MENANTI ULURAN TANGAN

foto spanduk2Permasalahan anak sangat bervariasi, salah satunya adalah permasalahan anak dengan kecacatan/disabilitas (ADK/ADD). permasalahan yang di alami ADK tersebut antara lain:

  1. Keluarga dan anak dengan kecacatan adalah suatu masalah tersendiri, apalagi keluarga ADK yang bersangkutan di daerah kabupaten Serang sebagian besar dihadapkan pada permasalahan kemiskinan. Kemiskinan tersebut berdampak pada keluarga ADK sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder bagi ADK, seperti : tidak mampu menyediakan makanan, sandang, rekreasi, kesehatan, gizi maupun ASI yang bagus untuk perkembangan anak. Disamping itu kemiskinan akan melahirkan budaya kemiskinan pula yaitu tidak percaya diri, pemalu, pesimis, malas.
  2. Stigma yang kurang baik terhadap anak dengan kecacatan baik dari masyarakat assesment alammaupun keluarga, sehingga anak dengan kecacatan sulit mempertahankan identitasnya.
  3. Tingkat penerimaan keluarga terhadap keberadaan anak dengan kecacatan yang kurang baik, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan anak dengan kecacatan untuk besosialisasi dan menunjukkan eksistensinya dalam kehidupan sosial yang lebih luas.
  4. Adanya perasaan dan perlakuan diskriminatif, sehingga anak dengan kecacatan merasakan sulitnya memperoleh SAM_1613pelayanan pendidikan, pelatihan, kesehatan sampai pada lapangan pekerjaan.
  5. Umumnya masih belum terpenuhi aksesibilitas pelayanan sosial untuk keluarga ADK, sehingga berdampak pada keamanan ADK.

Karena itu di bentuklah Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kabupaten Serang sebagai wadah pelayanan bagi ADK di tengah masyarakat (non panti) pada tahun 2010.

FKKADK Kabupaten Serang mulai berperan menyelenggarakan pelayanan ADK di Kabupaten Serang sejak tahun 2011, dengan sumber pendanaan dari Direktorat KSA Subdit ADK Kemensos RI.

Dari sejumlah 173 ADK yang terdata, FKKADK Kabupaten Serang baru dapat memberikanSAM_0130 foto spanduk pelayanan pada 66 ADK pada tahun 2011, kemudian 70 ADK pada tahun 2012, sementara sisanya masih menanti uluran tangan (dan masih banyak lagi yang belum terdata). Hal ini tentu saja dikarenakan pendanaan yang hanya berasal dari satu sumber, sementara daerah dan pihak-pihak yang diharapkan membantu pelayanan tersebut belum memberikan dukungan.

Pelayanan yang telah diberikan oleh FKKADK Kabupaten Serang meliputi Alat Bantu Kecacatan, Kebutuhan Dasar Anak, Rujukan untuk Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Potensi bagi ADK, dan lain-lain.

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di anak, sosial dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s