TANGGUNG JAWAB DAN HAK TKSK

A.    Tugas dan Tanggung Jawab TKSK

Dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Penanggulangan Kemiskinan nomor 467/DYS-PK.3/KPTS/11/2011, menganggap tugas-tugas TKSK yang terdahulu yang tercantum dalam Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Penanggulangan Kemiskinan nomor 245/PS.3/KPTS/X/2009 sudah tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan kehidupan, sehingga perlu diganti. Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab yang diemban TKSK kini ruang lingkupnya semakin luas dengan beban yang kian berat.

Tugas dan tanggung jawab TKSK adalah sebagai berikut:

  1. Mengendalikan seluruh Kegiatan pelayanan Kesejahteraan Sosial di tingkat kecamatan yang dilakukan oleh potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) lainnya, seperti Pekerja sosial masyarakat (PSM), Karang Taruna, Satuan Bakti Pekerja Sosial, Organisasi Sosial, dan WKSBM.
  2. Mengkoordinasikan seluruh proses kegiatan pelayanan kesejahteraan di tingkat kecamatan dengan pihak-pihak terkait.
  3. Menyusun direktori dan road map tentang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan Potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) dari para penyelenggara pelayanan kesejahteraan sosial yang ada disetiap desa/kelurahan dan selanjutnya digunakan sebagai sumber data kecamatan untuk acuan pengambilan keputusan Dinas Sosial Kabupaten/Kota.
  4. Memberikan advokasi kepada penyelenggara kesejahteraan sosial baik diminta maupun tidak diminta.
  5. Melakukan monitoring, evaluasi serta membuat laporan secara periodik kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai ruang lingkup wilayah tugasnya dan memberikan rekomendasi untuk menentukan kebijakan lanjutan.

B.     Hak yang diperoleh TKSK

Dalam Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Penanggulangan Kemiskinann nomor 245/PS.3/KPTS/X/2009, ditetapkan dan disebutkan dana operasional sebesar Rp. 250.000 yang disebut Tali Asih untuk membantu pelaksanakan tugas sebagai TKSK tapi tidak disebutkan adanya honor/gaji. Operasional tersebut digunakan untuk:

  1. Transportasi
  2. Pembuatan form pendataan.
  3. Pemenuhan ATK.
  4. Membuat dan memperbanyak proposal.
  5. Advokasi.
  6. Pendampingan.
  7. Cuci cetak foto.
  8. Mapping pelaksanaan kesejahteraan sosial.
  9. Pelaporan.
  10. Sosialisasi.

Tetapi dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan dan Penanggulangan Kemiskinan nomor 467/DYS-PK.3/KPTS/11/2011 yang merevisi tugas dan tanggung jawab TKSK, tidak menyertakan revisi tentang hak yang diperoleh TKSK. Dalam SK tersebut hanya disebutkan Pada poin (b) bahwa kepada TKSK dipandang perlu diberikan uang tali asih serta diperlukan adanya landasan yuridis. Dan pada poin (KETIGA) disebutkan dalam pelaksanaan tugasnya, TKSK diberikan dukungan berupa sarana dan biaya operasional secara proporsional. Tanpa tindakan lebih lanjut dalam merealisasikan memberikan dana operasional secara proporsional tersebut. (bersambung)

Written by Agus BR

Pos ini dipublikasikan di sosial dan tag , , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke TANGGUNG JAWAB DAN HAK TKSK

  1. Syahrir do dasim berkata:

    Kami tksk malut mengharapkan ke teman teman tksk yang ada di pulau jawa tolong memperjuangkan nasip kami sebagai tksk kedepan dan hak hak sebagai tksk

  2. Syahrir do dasim berkata:

    Kami tksk malut saat ini bagaikan hidup tanpa aya, maka kami harapkan ke teman teman yang dekat dngan kementrian di jakarta tolong membawa aspirasi kami ke,kemensos dan dpr ri. Karna kami juga punya hak untuk mendapat perlakuan yang sama. Dan perjuangkan operasional kendaraan. Karna dengan adanya tksk masirakat sangat mengenal tugas tugas dari kementrian sosial mohon di perjuangkan

  3. Syahrir do dasim berkata:

    Kami orang timur indonesa mengharapkan dengan adanya tksk sangat membantu masrakat yang paling bawa pada saat menyampaikan aspirasi mereka. Kami titipkan harapan kami ke kemensos saat ini bayak media memuat tentang petinggi negara yang korup. Sedangkan tksk sangat membantu pemerinta untuk mengatasi kemiskinan. Tidak di perhatikan. Memang pemerintah saat ini tidak berpihak pada masrakat. Maka tksk harus punya moto bahwa dengan tksk adalah jembatan orang miskin. Yang tertindas.

    • cecep berkata:

      Perlu kiranya semua TKSK yang ada di republik ini datang Ke DPR RI untuk menyampaikan keluh kesah dan harapan,,, mari satuka barisan untuk TKSK lebih baik, kita sudah mengabdi untuk masyarakat miskin

      • dadobilix berkata:

        bagi semua teman tksk yang berkunjung ke blog ini harap menyertakan nomor HP, terutama nomor HP koordinatornya baik kabupaten/kota maupun provinsi untuk memudahkan koordinasi untuk membahas langkah kita ke depan tq😉

  4. Ping balik: TANGGAPAN TERHADAP PERMENSOS NOMOR 03 TAHUN 2013 TENTANG TKSK | bilixsosialserang

  5. Hary berkata:

    Tetap semangat,..!!! Salam dari TKSK Surabaya

  6. mudin syamsudin berkata:

    Selamat berjuang kawan2,doaku selalu menyertaimu,perjuangkan terus hak tksk,terutama mobil utk kepentingan sosial diwilayah kita,agar masyarakat yg membutuhkan bisa teratasi,kementrian jangan sampai salah memberikan kendaraan hanya utk kebutuhan pribadi semata,kalau tksk membutuhkan utk kepentingan umum/masyarakat PMKS.semoga bpk mentri sosial mendengar keluhan kita semua.amiiiiiiin.

  7. sukardi berkata:

    kami tksk propinsi bengkulu juga merasa prihatin dengan apa yg diberikan pemerintah kepada TKSk,kita yg menjadi ujung tombak bahkan ujung temboknya depsos tpi hanya dipandang sebelah mata gak seperti kementrian lain yg memperhatikan orang2 yg bertugas di lapangan,kementrian pertanian bisa,kb jga bisa memperhatikan orang2 lapangannya menjadi sejahtera kenapa kemensos tdk bisa ?

  8. Badri berkata:

    Sahabat – sahabat TKSK di manapun anda berada, seharusnya teman – teman tidak mengeluh teruuuss tentang kecilnya kesejahteraan yang diberikan pemerintah pusat kepada TKSK, Memang kalau kita nilai dari besarnya uang Rp.250.000,- pada jaman sekarang itu tidak ada apa – apa nya, pelayan toko saja di daerahku bisa mendapatkan honor Rp. 600.000,- s/d Rp.1.500.000,- perbulan, mungkin uang sebesar dua ratus lima puluh ribu rupiah itu hanya cukup untuk beli bensin dan pulsa saja, Namun sepatutnya kita bersyukur karena kita bisa melayani ribuan orang miskin, ribuan anak Yatim dan anak terlantar, juga kita telah melayani ribuan janda tua dan lanjut usia terlantar serta PMKS lainnya yang memang membutuhkan pertolongan kita ,,,
    Tenaga dan fikiran kita telah banyak disibukkan oleh orang – orang miskin, anak Yatim dan anak – anak terlantar,
    Niscaya ……
    Tuhan juga sibuk menyuruh malaikatnya untuk menulis kebaikan – kebaikan kita ….
    Sehingga kebaikan TKSK tidak terhitung jumlahnya ….

  9. Anik Rahmawati berkata:

    Semangat terus TKSK jangan pernah menyerah……

  10. jankees sawen (papua) berkata:

    TKSK disebut sebagai Relawan, kata relawan ini yang masih dipertahankan oleh negara, sehingga TKSK sampai kini masih tetap saja tidak mendapat perhatian dari pemerintah. kami berharap KEMENTRIAN SOSIAL R.I Dibawah kepemimpinan ibu mentri, beliau bisa dapat mengambil kebijakan yang baru terhadap TKSK se Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s