OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (TKSK)

Sebagaimana telah di paparkan dalam jurnal sebelumnya yang berjudul Kondisi Dan Dilemma TKSK Dalam Realita, pemberdayaan TKSK sebagai kepanjangan tangan atau wakil dari Dinas Sosial di wilayah kecamatan dirasakan masih kurang optimal. Belum semua bidang yang ada di Dinas Sosial memberdayakan TKSK sebagai wakil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayah kecamatan masing-masing.

Hal ini berakibat kurang bahkan mungkin tidak ada pengakuan dari pemerintah daerah kecamatan dan pemerintah desa di lingkungan kecamatan setempat terhadap kewenangan TKSK sebagai wakil dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Kebanyakan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa hanya memandang TKSK selayaknya pendata musiman seperti sensus penduduk. Hal ini disebabkan karena hanya baru di bidang penghimpunan data PSKS dan PMKS lah TKSK diberdayakan secara optimal.

Padahal jika kita lihat dari petunjuk tekhnis yang terdapat dalam buku saku TKSK, tugas/kegiatan seorang TKSK bukan melulu penghimpunan data. Tapi juga mencakup Memantapkan kerjasama dengan camat dan pihak lain untuk melaksanakan kesejahteraan sosial di kecamatan, Melaksanakan penyuluhan dan bimbingan sosial, Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kesejahteraan sosial di kecamatan. (lihat jurnal Kondisi Dan Dilemma TKSK Dalam Realita tentang Kegiatan TKSK).

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan cara sebagai berikut:

1. Setiap proposal yang diajukan ke Dinas Sosial baik dari yayasan sosial, organisasi sosial maupun pemerintah desa harus ditandatangani dan diketahui oleh TKSK kecamatan setempat sebelum diajukan ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Selain sebagai media bagi TKSK untuk mendapatkan Pengakuan atas kewenangannya, poin ini juga relevan dengan tugas atau kegiatan TKSK, yaitu : Memantapkan kerjasama dengan camat dan pihak lain untuk melaksanakan kesejahteraan sosial di kecamatan, serta Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kesejahteraan sosial di kecamatan.

2. Setiap pendampingan dari program yang diluncurkan Dinas Sosial harus menunjuk dan menugaskan TKSK kecamatan setempat sebagai pendamping.

Poin ini juga relevan dengan tugas atau kegiatan TKSK, yaitu : Melaksanakan penyuluhan dan bimbingan sosial, serta Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kesejahteraan sosial di kecamatan.

3. Diadakan sosialisasi kembali di tiap-tiap Dinas Sosial Kabupaten/Kota agar semua bidang yang ada di Dinas Sosial Kabupaten/Kota mengenal lebih jelas tugas dan kegiatan TKSK sesuai dengan yang tercantum dalam SK pengangkatan TKSK dan Buku Saku TKSK.

Hal ini untuk lebih mengukuhkan agar TKSK dilibatkan dan di berdayakan dalam kegiatan semua bidang di Dinas Sosial yang menyangkut Kecamatan tempat mukim TKSK.

 

posted by : Agus BR (TKSK Padarincang)

Pos ini dipublikasikan di sosial, umum dan tag , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN (TKSK)

  1. saya berharap adanya koordinAsi,konsolidasi antra TKSK Nasional. Smua fenomenal yg trjdi tdk sesuai dgn apa yg mnjdi panduan kta slma ini.
    keberagaman TKSK yg ada di di masing2 daerah membuat kta tertantang dlm mlaksanakan tugas2.
    artinya kita berhrap ada satu warna dlm mensejahterakan TKSK se INA.

  2. Ibnu Mas'ud berkata:

    Qt sm” be’juang demi kemajuan TKSK untuk diperhatikan di anggaran Kementrian pusat. by Ibnu TKSK Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

  3. BRAM IRIANTO berkata:

    Kita berharap TKSK kedepannya lebih tertata, dan memiliki cabang dari tingkat desa sampai dengan tingkat Pusat, bahkan ada diantara mereka yang duduk dikursi DPR, agar aspirasi merekan bisa terwakili.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s