PELAYANAN PSIKOSOSIAL/DISASTER HEALING TERHADAP ANAK KORBAN BANJIR DI KECAMATAN KIBIN

Rabu, 18 Januari 2012

Patut diakui, dalam masa bencana terkadang hak dan kebutuhan dasar anak sering terlupakan. Bantuan berupa makanan dan pakaian mengalir dari berbagai instansi, tapi kondisi psikologis anak yang mungkin mengalami trauma pada saat terjadinya bencana kurang mendapat perhatian. Untuk menghilangkan trauma pasca banjir bagi anak-anak itu, Posko Perlindungan Anak yang dinamakan Pondok Anak Ceria mengadakan kegiatan bermain bagi anak-anak Kampung Cikangkung Desa Nagara Kecamatan Kibin.

Kegiatan tersebut menggunakan berbagai macam permainan tradisional maupun permainan dengan menggunakan peralatan yang di bawa oleh TRC Perlindungan Anak Kemensos RI dengan disertai pesan-pesan moral bagi anak-anak dalam menyikapi bencana. Anak-anak korban banjir di Kampung Cikangkung Desa Nagara Kecamatan Kibin terlihat antusias dan riang gembira mengikuti kegiatan yang didampingi oleh Pondok Anak Ceria. Mereka merasa terhibur dengan berbagai permainan yang dilakukan, seperti menggambar, bermain bongkar pasang, membaca cerita, mendengarkan dongeng dan lain-lain.

Beberapa relawan yang terdiri dari kader Posyandu, Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Pengurus Yayasan Ar-Rohmaniyah, Karang Taruna dan PSM turut ambil bagian dalam memeriahkan dan menjaga ketertiban selama kegiatan ini berlangsung. Bertepatan dengan itu, kunjungan Ibu Walikota Serang bersama rombongan penggerak PKK Kota Serang yang meninjau situasi pasca banjir semakin memeriahkan suasana.

Kegiatan Pondok Anak Ceria diahiri setelah Direktur KSA, Harry Hikmat, Msi, didampingi oleh Kabid Rehsos Dinsos Provinsi Banten, Anda, menyerahkan secara simbolis beberapa box sarana kegiatan anak kepada kader Posyandu dan RT setempat.

Pos ini dipublikasikan di anak dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s